Step 1
1. soft skill atau generic
transferable skill
a. karakter kemampuan interpersonal (kecerdasan emosional, ambisi, emosinal)
b. bakat yang
dimiliki oleh seseorang sejak dulu
c. kepribadian dan keahlian yang dimiliki seseorang dari dia lahir dengan
tingkatan yang berbeda beda setiap orangnya
d. ketrampilan yang dimiliki oleh seseorang
(akademik maupun non) dan seseorasng tsb dapat mengembangkan ketrampilan tsb
2.
disciplinary content
a. makna atau inti dr disiplin
ilmu yang kita pelajari
b. sumber bahan ajar / keahlian
dalam bidang studi itu
à inti sumber bahan ajar dalam ilmu yang kita pelajari
3. SPICES
o
Sama seperti student centered.
§ S = Student centered
§ P = problem based learning
§ I = integrated
§ C = community based (biasa
terjadi di masyarakat)
§ E = Early Clinical Exposure
§ S = Systematic
4. continuing professional
education
a. mengedukasi secara
professional dan berkelanjutan
b. cara orang untuk
mempertahankan keprofesionalan dan pengetahuan dalam kemampuannya itu
c. proses belajar secara terus
menerus dan memahami seluruh materi yang telah dipelajarinya
à cara mempertahankan
keprofesionalan dengan memahami materi yang dipelajarinya
5. andragogy
a. suatu bentuk pembelajaran
yang mampu melahirkan sasasran pelajar untuk menjadi guru bagi diri sendiri
b. suatu seni atau ilmu yang
membantu dalam system pembelajaran
c. pembelajaran bagi orang
dewasa yang orang tersebut harus memiliki kesiapan matyeri yang akan
dipelajarinya
à bentuk pembelajaran bagi orang dewasa menjadi guru bagi diri sendiri
guna memperoleh kesipan materi
6. self reflection
a. pengembangan idea tau
gagasan tentang subjek yang hendak dipelajari dan diproses untuk disampaikan
pada yang lain
b. pembelajaran yang ditujukan
untuk diri sendiri dan mengevaluasi kesalahan diri sendiri
c. keinginan atau kesadaran
untuk belajar sendiri
7. self directed learning
a. belajar mandiri
b. kemampuan untuk mengatur
kebutuhan belajar dan menentukan arah dan tujuan dari pembelajaran tersebut
c. belajar mandiri lalu menilai
hasil belajar secara langsung
d. kegiatan belajar (tujuan dan
cara mencapai tujuan) berasal dari diri kita sendiri
8. collaborative learning
a. pengetahuan untuk bekerja
sama
b. pembelajaran yang melibatkan
dua orang atau lebih untuk bekerja sama
c. pembelajaran yang melibatkan
semua disiplin ilmu yang bekrkaitan dengan isu
d. hubungan antarpeserta didik
yang membutuhkan saling ketergantungan positif tanggung jawab individu,
ketramoilan interpersonal, interaksi tatap muka, dan pengolahan
9. self assessment
a. proses dimana seorang
mahasiswa tersebut memiliki tanggung jawab untuk menilai hasil belajarnya
sendiri
10.
independent learning
a. Identik dengan belajar
mandiri. Penentu tercapainya tujuan pembelajaran
b. belajar mandiri dari kemauan
diri sendiri dan tanpa disuruh oleh dosen atau pun guru
11.
peer assessment
a. proses dimana seorang
mahasiswa tersebut memiliki tanggung jawab untuk menilai hasil belajar orang
lain
12.
deep learning
a. mengenal memahami menerapkan
pengetahuan cirri cirri berkaitan dengan pengetahuan dan pengalaman
b. belajar tidak hanya dapat
mengartikan, tetapi juga dapat memahami
c. belajar dengan cara mandiri
agar dapat memahami
13.
student centered
a. menuntut siswa agar dapat
berpikir kreatif, lebih aktif
b. pembelajaran yang lebih
terpusat kepada siswa tersebut
14.
contextual study
15.
life long learning skill
a. belajar sepanjang hayat,
belajar tanapa mengenal usia dan tanpa batas untuk mendapat ilmu yang
bermanfaat
b. selalu mengupdate ilmu
c. ketrampilan belajar di mana
pun sepanjang hidup
STEP 2:
1. apakah kegunaan dari
pengembangan ketrampilan belajar sepanajang hayat / long life learning dan
softskill?
2. cara apa saja untuk
mengantisipasi persoalan kegiatan belajar di FK UNISSULA?
3. apasaja kendala dalam
menerapkan strategi SPICES dalam FK UNISSULA? Bagaimana solusinya?
4. mengapa kita tidak boleh
mengesampingkan diclipnary content dalam pengembanagn ketrampilan belajr
speanjang hayat dan soft skill?
5. bagaimana cara menciptakan
pembelajaran dilandasi dengan soft skill?
6. mengapa softskill yang
dimiliki mahasiswa Indonesia
masih tergolong rendah?
7. bagiamana konsep adult
learning?
8. persoalan2 apasajakah yang
dihadapi selama kegiatan belajar di FK UNISSULA?
9. apa ciri atau konsep dari
selfdirected learning dan independent learning?
10.
bagaimana hubungan antara self directed learning dan independent
learning dalam konsep adult learning?
11.
bagaimanakah pola pmbelajaran student centered dalam mengembangkan
softskill siswa?
12.
mengapa kita harus melakkan deep learning?
13.
apabila kita tidak melakukan salah satu konbsep (dalam teks) apakah
akan mempengaruhi jalan pembelajaran?
14.
apakah perbedaan yang mendasar antara student centered dan teacher
centered?
15.
perubahan pola pendidikan seperti apakah yang diharapkan di perguruan
tinggi?
16.
contoh softskill yang harus dimiliki mahasiswa FK?
17.
bagaimana cara mengembangkan softskill?
18.
apakah keuntungan dan kelemahan penerapan strategi SPICES?
19.
bagaimanakah karakteristik mahasiswa yang sudah menerapkan pola student
centered dan apa kelemahannya?
20.
bagaimana proses pembeljaran SPICES dapat berjalan dengan efektif?
21.
Apa efek dari independent learning?
22.
apa perbedaan andragogy dan pedagogy?
23.
apa konsep dari andragogy?
24.
bagaimana konsep, ciri deep learning, collaborative learning, self
assessment, peer assessment, self reflection dan mengapa harus diterapkan dalam
pembelajaran andragogy?
25.
jelaskan hubungan antara long life learning, adult learning, self
directed learning, independent learning, dan student centered approach?
26.
kegiatan apa saja yang dapat kita terapkan saat kiita menjadi dokter
dalam penerapan long life learning?
STEP 3:
1.
apakah kegunaan dari
pengembangan ketrampilan belajar sepanajang hayat / long life learning dan
softskill?
a.
Agar kita tetap terus bisa
mengetahui perkembangan apa saja dalam bidang yang kita pelajari.
b.
Softskill àagar kita lebih siap melayani masyarakat setelah masa studi
c.
Agar kita dapat selalu mengingat
materi yang kita dapat
2.
kegiatan apa saja yang dapat
kita terapkan saat kiita menjadi dokter dalam penerapan long life learning?
a.
Mengikuti seminar dan pelatihan
b.
Sharing bersama expert
c.
Sering membaca berita (dengan
cara browsing dll)
d.
Belajar dari pengalaman dalam
praktek menjadi dokter
3.
apasaja kendala dalam menerapkan
strategi SPICES dalam FK UNISSULA? Bagaimana solusinya?
a.
Pihak universitas membutuhkan
banyak fasilitas
b.
Memerlukan waktu yang banyak
c.
Membutuhkan sumber tenaga
pengajar yang tidak sedikit
d.
Motivaasi mahasiswa sendiri
e.
Mahasiswa membutuhkan waktu
adaptasi dalam penerapan student centered
f.
Kurangnya kesipan materi pada
mahasiswa yang tergantung pada temannya
g.
Kesempatan pengajar untuk
memberikan materi lebih sedikit
Solusi:
·
Mahasiswa harus lebih banyak
lagi membaca materi sebelum materi disampaikan dosen
·
Pihak universitas memberikan
pembekalan mahasiswa baru
·
Mahasiswa harus lebih bisa
mengatur jadwal
·
Mahasiswa harus lebih aktif,
kreatif, dan beradaptasi secepat mungkin
4.
apakah keuntungan dan kelemahan
penerapan strategi SPICES?
5.
mengapa kita tidak boleh
mengesampingkan diclipnary content dalam pengembanagn ketrampilan belajr
speanjang hayat dan soft skill?
6.
bagaimanakah pola pmbelajaran
student centered dalam mengembangkan softskill siswa?
7.
contoh softskill yang harus
dimiliki mahasiswa FK?
8.
bagaimana cara mengembangkan softskill?
9.
mengapa softskill yang dimiliki
mahasiswa Indonesia
masih tergolong rendah?
10.
bagiamana konsep adult learning?
11.
apa ciri atau konsep dari self directed learning dan independent learning?
12.
Apa efek dari independent
learning dan deep learning?
13.
bagaimana hubungan antara self
directed learning dan independent learning dalam konsep adult learning?
14.
apakah perbedaan yang mendasar
antara student centered dan teacher centered?
15.
bagaimanakah karakteristik
mahasiswa yang sudah menerapkan pola student centered dan apa kelemahannya?
16.
apa perbedaan konsep andragogy
dan pedagogy?
17.
bagaimana konsep, ciri deep
learning, collaborative learning, self assessment, peer assessment, self
reflection dan mengapa harus diterapkan dalam pembelajaran andragogy?
18.
jelaskan hubungan antara long
life learning, adult learning, self directed learning, independent learning,
dan student centered approach?
STEP 4:
MAPPING
STEP 6
1. apakah kegunaan dari
pengembangan ketrampilan belajar sepanajang hayat / long life learning dan
softskill?
Long life
Learning:
·
memperbaharui pengetahuan yang kita dapat,
karena ilmu pengetahuanselalu berkembang dengan cepat tiap waktu.
·
Meningkatkan pengembangan pribadi dan meningkatkan daya saing/
kerjadalam profesi yang dijalani oleh masing-masing individu.
O’Shea, E. (2003) Self-directed learning
in nurse education: a review of literature.Journal of Advanced Nursing, 43
(1), pp. 62-70.Brockett, RG. & Hiemstra, R. (1991)
Self Direction in Adult Learning: Perspectives on Theory, Research, and Practice
. London and New York:Routledge.
Soft Skill:
·
soft skills sangat diperlukan dalampemanfaatannya di dalam
perencanaan dan proses pencarian pekerjaan serta kesuksesan meniti karir dalam
pekerjaanya
2. cara apa saja untuk
mengantisipasi persoalan kegiatan belajar di FK UNISSULA?
3. apasaja kendala dalam
menerapkan strategi SPICES dalam FK UNISSULA? Bagaimana solusinya?
4. mengapa kita tidak boleh
mengesampingkan diclipnary content dalam pengembangan ketrampilan belajar
speanjang hayat dan soft skill?
5. bagaimana cara menciptakan
pembelajaran dilandasi dengan soft skill?
6. mengapa softskill yang
dimiliki mahasiswa Indonesia
masih tergolong rendah?
7. bagiamana konsep adult
learning?
8. persoalan2 apasajakah yang
dihadapi selama kegiatan belajar di FK UNISSULA?
9. apa ciri atau konsep dari
selfdirected learning dan independent learning?
10.
bagaimana hubungan antara self directed learning dan independent
learning dalam konsep adult learning?
11.
bagaimanakah pola pmbelajaran student centered dalam mengembangkan
softskill siswa?
lbh aktif, ilmu yang diserap
lebih banyak, tidak terfokus dalam apa yang
harus diprioritaskan dalam belajar (jika
fasilitator tidak memerankan perannya dengan
baik ), penilaiannya lebih banyak
lebih banyak, tidak terfokus dalam apa yang
harus diprioritaskan dalam belajar (jika
fasilitator tidak memerankan perannya dengan
baik ), penilaiannya lebih banyak
12.
mengapa kita harus melakkan deep learning?
13.
apabila kita tidak melakukan salah satu konbsep (dalam teks) apakah
akan mempengaruhi jalan pembelajaran?
14.
apakah perbedaan yang mendasar antara student centered dan teacher
centered?
15.
perubahan pola pendidikan seperti apakah yang diharapkan di perguruan
tinggi?
16.
contoh softskill yang harus dimiliki mahasiswa FK?
17.
bagaimana cara mengembangkan softskill?
18.
apakah keuntungan dan kelemahan penerapan strategi SPICES?
19.
bagaimanakah karakteristik mahasiswa yang sudah menerapkan pola student
centered dan apa kelemahannya?
20.
bagaimana proses pembeljaran SPICES dapat berjalan dengan efektif?
21.
Apa efek dari independent learning?
22.
apa perbedaan andragogy dan pedagogy?
23.
apa konsep dari andragogy?
24.
bagaimana konsep, ciri deep learning, collaborative learning, self
assessment, peer assessment, self reflection dan mengapa harus diterapkan dalam
pembelajaran andragogy?
25.
jelaskan hubungan antara long life learning, adult learning, self
directed learning, independent learning, dan student centered approach?
26.
kegiatan apa saja yang dapat kita terapkan saat kiita menjadi dokter
dalam penerapan long life learning?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar